DETEKSI WAJAH MENGGUNAKAN CASCADE CLASSIFIER DENGAN OPEN CV-PYTHON

Penulis

  • Angga Putra Prakoso Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas Krisnadwipayana
  • Abdurrahman Rasyid Universitas Krisnadwipayana
  • Alvito Deannova Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas Krisnadwipayana
  • Agung Edi Rahmawan Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas Krisnadwipayana

DOI:

https://doi.org/10.61488/sikama.v2i1.35

Kata Kunci:

Deteksi wajah, haarcascade classifier, OpenCV, python

Abstrak

Deteksi wajah merupakan aspek penting dalam bidang Computer Vision yang memiliki aplikasi luas, termasuk dalam sistem keamanan, interaksi manusia dengan komputer, dan analisis emosi. Salah satu metode yang efektif untuk deteksi wajah adalah menggunakan Cascade Classifier, khususnya metode Haar Cascade Classifier. Penelitian ini mengimplementasikan algoritma Haar Cascade Classifier menggunakan OpenCV dan Python untuk mendeteksi wajah pada citra digital. Metode ini menunjukkan kecepatan komputasi yang tinggi, menjadikannya cocok untuk aplikasi real-time seperti keamanan dan pengenalan wajah di kamera ponsel. Eksperimen menunjukkan hasil deteksi wajah yang akurat, meskipun terdapat keterbatasan dalam mendeteksi wajah dengan pose atau ekspresi yang beragam. Untuk meningkatkan akurasi, diperlukan pelatihan menggunakan dataset yang lebih representatif. Secara keseluruhan, Cascade Classifier dengan OpenCV dan Python efektif untuk deteksi wajah real-time.

Referensi

Boundless. (2016, May 26 ). “Politics.”. Retrieved Juny 2016, 01, from Boundless Sociology: https://www.boundless.com/sociology/textbooks/boundless-sociology-textbook/stratification-inequality-and-social-class-in-the-u-s-9/the-impacts-of-social-class-77/politics-460-4972/

Miles, M. B., & Huberman, A. Michael. (1992). Qualitative Data Analysis, ter: Tjetjep Rohendi Rohendi dengan Judul: Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Samovar, L., Porter, R., R.Mc Daniel, E., & Roy, C. (2013). Communication Between Cultures.Eighth Edition. Wadsworth: Cengage Learning.

Würtz, E. (2005). Intercultural Communication on Web sites: A Cross-Cultural Analysis of Web sites from High-Context Cultures and Low-Context Cultures. Journal of Computer-Mediated Communication, 11: 274–299.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30

Terbitan

Bagian

Artikel