MEMBANGUN ENTREPRENEUR PROFESIONAL MELALUI AKUNTABILITAS

Penulis

  • Atang Hermawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pasundan
  • Taty Sariwulan Universitas Pasunda
  • Annisa Adha Minaryanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pasundan
  • Ifa Ratifah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pasundan
  • Moch. Noch Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pasundan

Kata Kunci:

Akuntansi, Entrepreneur profesional, Pelatihan, Pengelolaan keuangan, UMKM

Abstrak

Pengelolaan keuangan pada UMKM saat ini bisa dikatakan cukup sulit, bukan karena tidak adanya standar baku atau pedoman, karena Ikatan Akuntan Indonesia atau IAI sudah mempersiapkan standar akuntansi keuangan khusus EMKM (Entitas Mikro Kecil dan Menengah). Rendahnya kesadaran akan pengelolaan keuangan yang baik didasarkan pada rendahnya kemauan dan pengetahuan akan pengelolaan keuangan.

Proses pengelolaan keuangan akan sangat krusial dan fundamental bagi sektor UMKM, pengelolaan keuangan termasuk didalamnya adalah pencatatan transaksi akuntansi, penentuan laba rugi dan juga identifikasi persediaan barang yang ada di gudang. Pengelolaan keuangan yang baik akan menghasilkan informasi keuangan yang akurat, sehingga pengusaha dapat mengambil keputusan secara cepat dan relevan. Pembuatan akuntansi sederhana akan menjadi fokus dalam pengabdian pada masyarakat ini, dimana tim PkM akan memberikan solusi bagaimana cara membuat percatatan akuntansi yang sederhana.

Metode yang digunakan dalam pengabdian pada masyarakat untuk menyelenggarakan pelatihan penyusun akuntansi sederhana bagi para UMKM.. Pada tahap ini peserta diberikan penjelasan bagaimana cara menghitung dan membuat persamaan akuntansibeserta dengan contoh kasusnya. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan agar para peserta pelatihan dapat membuat laporan pembukuan akuntansi sederhana secara konsisten.

Referensi

Boundless. (2016, May 26 ). “Politics.”. Retrieved Juny 2016, 01, from Boundless Sociology: https://www.boundless.com/sociology/textbooks/boundless-sociology-textbook/stratification-inequality-and-social-class-in-the-u-s-9/the-impacts-of-social-class-77/politics-460-4972/

Miles, M. B., & Huberman, A. Michael. (1992). Qualitative Data Analysis, ter: Tjetjep Rohendi Rohendi dengan Judul: Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Samovar, L., Porter, R., R.Mc Daniel, E., & Roy, C. (2013). Communication Between Cultures.Eighth Edition. Wadsworth: Cengage Learning.

Würtz, E. (2005). Intercultural Communication on Web sites: A Cross-Cultural Analysis of Web sites from High-Context Cultures and Low-Context Cultures. Journal of Computer-Mediated Communication, 11: 274–299.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30

Terbitan

Bagian

Artikel