SOSIALISASI DAN KOLABORASI MELALUI E-COMMERCE DI DESA TUGU UTARA
DOI:
https://doi.org/10.61488/sikama.v2i1.39Kata Kunci:
E-commerce, sosialisasi, kolaborasi, pengembangan ekonomiAbstrak
Desa Tugu Utara adalah sebuah destinasi wisata di Cisarua, Bogor, Jawa Barat yang menjadi fokus penelitian ini. Tujuan penelitian adalah memberikan pemahaman mendalam mengenai aspek teknis dan pengelolaan E-commerce serta mengidentifikasi kebutuhan pendampingan melalui kolaborasi. Desa ini menarik perhatian sebagai inisiatif yang berupaya beradaptasi dengan kemajuan teknologi di era digital. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPM) Universitas Krisnadwipayana (UNKRIS) terlibat dalam kolaborasi dengan Desa Tugu Utara untuk menyelenggarakan kegiatan sosialisasi E-Commerce, yang melibatkan seluruh fakultas di Universitas Krisnadwipayana, dengan harapan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan konektivitas global. Metode penelitian yang diterapkan melibatkan observasi, Focus Group Discussion (FGD), sosialisasi konsep dasar, workshop praktis, serta pendampingan dan bimbingan. Hasil penelitian ini mencakup kegiatan sosialisasi dan penyerahan E-commerce di Desa Tugu Utara, dengan paparan narasumber dari berbagai fakultas UNKRIS. Identifikasi kebutuhan pendampingan berkelanjutan dilakukan secara kolaboratif oleh keempat fakultas UNKRIS. Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap pengembangan ekonomi dan konektivitas Desa Tugu Utara.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Lydia Darmiyanti, Nuke Lu'ul Chusna, sutaryo
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.