APLIKASI GOOGLE MAPS SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN UMKM DI DESA TUGU UTARA

Penulis

  • Fajar Cahyo Utomo Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana
  • Muhammad Harri Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana
  • Naufal Surya Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana
  • Raehan Firdaus Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana
  • Egalita Elviana Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana
  • Nissa Dwi Rahayu Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana
  • Prayoga Pangesut Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana
  • Ahmad Sulthoni Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana

DOI:

https://doi.org/10.61488/sikama.v2i2.52

Kata Kunci:

KKN, Pengetahuanumum, UMKM

Abstrak

 

Kuliah Kerja Nyata (KKN) muncul dari konsep atas kesadaran mahasiswa sebagai calon sarjana untuk dapat memanfaatkan sebagian waktu belajarnya menyumbangkan pengetahuan dan ilmu yang telah diperolehnya secara langsung dalam membantu para warga sekitar yang memiliki usaha kecil menengah untuk menentukan lokasi di Google Maps agar dapat dijangkau oleh masyarakat luas. UMKM merupakan salah satu kekuatan ekonomi baik di berbagai negara maupun Indonesia. Namun, berbagai hambatan dan tantangan yang dihadapi oleh UMKM salah satunya yaitu pemasaran. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini agar UMKM di desa Tugu Utara dapat berkembang melalui pemasaran online. Metode pelaksanaan yang dilakukan dalam pelatihan pembuatan Google Maps dan Pemasaran Online, yaitu: kesatu, Observasi ke Pemerintah Desa terkait data jumlah UMKM di Desa Tugu Utara, Kolaborasi dengan mitra (ketua dan kelompok UMKM). Ketiga, Pelatihan pembuatan google maps dan pemasaran online. Keempat, Evaluasi.  Hasil dari pelaksanaan ini adalah: Kesatu, Lokasi UMKM terdeteksi google maps. Kedua, pelaku UMKM memiliki akun market place dan media sosial. Ketiga, Meningkatnya omset penjualan.

Referensi

Rohim IE, Sholihah EL, Firmansyah FR, Andriani F. Digitalisasi UMKM Melalui Pelatihan Google Maps dan Pemasaran Online. Maj Ilm Pelita Ilmu. 2022;5(2):14-29

Kusumasari IR. Penguatan Digitalisasi Pada UMKM Desa Kedungdalem Kabupaten Probolinggo Melalui Pendaftaran Lokasi Usaha Di Google Maps. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara. 2023;3(3):87-97.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-07

Terbitan

Bagian

Artikel