PENGEMBANGAN UMKM DALAM APLIKASI GOOGLE MAPS

Penulis

  • Ayu Puspitaningtyas Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana
  • Tatag Herbayu Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana
  • Rosdiana Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana
  • Dinda Resya Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana
  • Sevia Farah Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana
  • Diva Adi Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana
  • Muhamad Apif Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana
  • Alqamara Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana
  • Syania Santika Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana

DOI:

https://doi.org/10.61488/sikama.v2i2.54

Kata Kunci:

kuliah kerja nyata, pengetahuan umum, umkm

Abstrak

 

Kuliah Kerja Nyata (KKN) muncul dari konsep atas kesadaran mahasiswa sebagai calon sarjana untuk dapat  memanfaatkan sebagian waktu  belajarnya menyumbangkan pengetahuan dan  ilmu  yang  telah diperolehnya secara langsung dalam membantu para warga sekitar yang memiliki usaha kecil menengah untuk menentukan lokasi di Google Maps agar dapat dijangkau oleh masyarakat luas. KKN di Desa Tugu Utara menjadi bukti bentuk kepedulian mahasiswa dan kampus Universitas Krisnadwipayana dimana tujuan KKN ini sebagai bentuk penyuluhan kepada warga sekitar yang memiliki UMKM di Desa Tugu Utara sekaligus memberikan pemahaman dan pengetahuan umum melalui aplikasi Google Maps. KKN penyuluhan UMKM Universitas Krisnadwipayana dilakukan di Desa Tugu Utara kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor Jawa barat. Di 2 tempat tersebut dilaksanakan program kerja yang telah dibuat oleh para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk berpikir cepat dan melatih mahasiswa untuk menjadi kelompok penyuluhan tentang cara menggunakan aplikasi google maps dalam menentukan titik lokasi.

Referensi

Lestari AWSN. Penggunaan aplikasi Google Maps dan Imooji sebagai media promosi UMKM Desa Tiyaran. Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian. 2022;887-94.

Diana LJ, Arifin J. Pendampingan pemanfaatan digital marketing melalui Google Business pada UMKM Kelurahan Kertajaya. Jurnal Abdimas Patikala. 2022;442-7.

Insani SFY, Setiawan Y. Optimalisasi aplikasi Google Maps sebagai alternatif media promosi pada UMKM di shelter Taman Sriwedari. Jurnal Warta LPM. 2022;44-56.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-18

Terbitan

Bagian

Artikel