PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PENYULUHAN PEMBUATAN VIRGIN COCONUT OIL (VCO) DAN DAUN AFRIKA DI DESA BABAKAN RADEN CARIU BOGOR

Penulis

  • Imam Wibowo Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana
  • Siwi Nur Indriyani Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana
  • Nerani Saramitha Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana
  • Nicholas Alfredo Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana
  • Nikki Rossinta Wigati Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana
  • Yuaniko Paramitra Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana
  • Dhistianti Mei Rahmawan tari Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana

DOI:

https://doi.org/10.61488/sikama.v1i2.9

Kata Kunci:

Daun Afrika, Daun afrika, virgin coconut oil, pemberdayaan perempuan, Pengabdian Masyarakat

Abstrak

Pengabdian masyarakat merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diterapkan pada kegiatan sosial sebagai realisasi pembelajaran pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh seluruh mahasiswa Universitas Krisnadwipayana. Desa Babakan Raden Kecamatan Cariu merupakan daerah potensial penghasil daun Afrika, daun ini tumbuh liar di daerah desa tersebut. Karena kurangnya informasi tentang daun Afrika, banyak orang yang tidak mengenal jenis tanaman obat tersebut, sehingga tidak diolah dan diproduksi untuk mendapatkan keuntungan. Daun-daun ini menciptakan peluang usaha baru bagi perempuan sehingga dapat berkontribusi dalam meningkatkan ekonomi keluarga sehingga dapat memenuhi kebutuhan keluarga. Desa Babakan Raden, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor juga merupakan salah satu desa yang potensial untuk dilakukan usaha Virgin Coconut Oil (VCO). bentuk mentah. Pemberdayaan perempuan ternyata memegang peranan penting dalam kelangsungan hidup keluarga, baik yang berkaitan dengan perkembangan moral anak, maupun pemenuhan kebutuhan ekonomi keluarga sebagai salah satu pilar utama kehidupan keluarga.

Referensi

Agustina, T. (2011). Abdimas. Pemberdayaan Perempuan Melalui Wirausaha Pembuatan Makanan Kecil Berbasis Pisang Di Kelurahan Tlogosari Wetan Kecamatan Pendurungan Kodya Semarang, 6.

Anindyadevi Aurellia. (2022). Detik Bali. Kandungan dan Manfaat VCO untuk Kesehatan.

Danladi. (2018). Daun Afrika. Klasifikasi dan Deskripsi Tanaman.

Dr. Fadhli Rizal Makarim. (2022). Halodoc. Manfaat dan Efek Samping dari minyak VCO

Ibrahim. (2004). Jurnal Daun Afrika. Manfaat dan Khasiat dari Daun Afrika.

Retno, R. S. (2016). Jurnal Terapan Abdimas. Pelatihan Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) Secara Fermentasi Di Desa Belotan, Bendo, Magetan, 3.

Riadi. Muchlisin. (2019). Jurnal pemberdayaan perempuan. Pemberdayaan Perempuan (Tujuan, Strategi, Program dan Indikator).

Sugiarti, Y. (2020). Jurnal Abdiraja. Pemeberdayaan Perempuan Melalui Wirausaha Pengolahan Buah Siwalan Di Desa Banuaju Timur Kecamatan Batang-Batang, 3.

Sutarmi dan Hartin Rozaline. (2005). Food Tech Binus. Taklukkan Penyakit dengan VCO (Virgin Coconut Oil).

Yeap et al. (2010). "Vernonia amygdalina. an ethnomedical used green vegetable with multiple bioactivities". Journal of medicinal plants research.

Zakiyah. (2010). Jurnal Pengkajuan Masalah Sosial Keagamaan. Pemberdayaan Perempuan oleh Lajnah Perempuan.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-31

Terbitan

Bagian

Artikel